Stroke memiliki konsekuensi jangka panjang yang serius. Namun karena stroke sering terjadi mendadak, salah satu pendekatan penting selain pengobatan adalah melalui pencegahan terutama bagi orang yang berisiko.
Saat ini, stroke bisa menyerang berbagai kalangan dan tidak berpaku lagi dengan usia. Her world akan membagikan beberapa tips baik yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya stroke.
1. Mengontrol stres
Stres merupakan salah satu faktor utama dari stroke, hipertensi, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit serebrovaskular. Pentingnya bagi Anda mengatur stres dan kecemasan dengan melibatkan pendekatan komprehensif agar berhasil maksimal sehubungan dengan tingkatan stres berbeda-beda.
2. Berhenti merokok
Kegiatan satu ini juga merupakan salah satu penyebab terjadinya stroke. Untuk para perokok, disarankan untuk melakukan konseling atau program berhenti merokok. Penelitian menunjukkan bahwa efek bahaya dari merokok dapat dipulihkan seiring berjalannya waktu.
3. Mengatur pola makan dan olahraga
Wajibnya mengatur pola makan akan terhindar dari obesitas yang menjadi faktor risiko serangan stroke. Seimbangi dengan diet sehat dan olahraga yang rutin untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh.
4. Menurunkan kadar kolesterol
Kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya serangan stroke. Upaya menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan cara diet yang mengutamakan asupan lemak moderat.
5. Menurunkan tekanan darah
Kondisi dimana tekanan darah tinggi kronis yang disebut dengan hipertensi adalah salah satu faktor serangan stroke. Lakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur ke dokter, setelahnya atur asupan garam, menjaga berat badan, olahraga, dan menghindari stres.

Source: Her World Indonesia

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

Baca juga:
“Anganku Anganmu” bawa Raisa X Isyana ke posisi jawara!
Falcon Pictures merilis teaser Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2
Saykoji mengajarkan toleransi lewat single “Ngabuburap”

 

SHARE