Setelah Toko Kopi Tuku, semakin banyak kedai kopi yang membuat kreasi es kopi susu dengan keunikan masing-masing. Paduan kopi yang tak terlalu pahit dengan manisnya susu menjadikannya minuman yang pas di lidah orang Indonesia. Dari sekian banyak es kopi susu di Jakarta, Bazaar akan menjabarkan 5 tempat favorit untuk mencicipinya.

1. Toko Kopi Tuku
Sempat viral beberapa saat lalu karena dikunjungi Presiden Jokowi dan keluarga, kedai kopi yang berdiri sejak tahun 2015 ini memiliki dua cabang yaitu di Cipete Raya dan Pasar Santa Jakarta. Kehadiran para pembeli yang mengantri panjang membuat kedai ini tidak cocok untuk nongkrong berlama-lama apalagi dalam jumlah personil yang banyak.

Untuk menu andalan, Toko Kopi Tuku menawarkan Kopi Susu Tetangga, baik yang versi hot maupun cold. Minuman yang dianggap sebagai pelopor kopi susu dengan campuran gula aren yang memikat selera ini cepat menjadi favorit para pelanggannya. Untuk mendapatkan minuman dengan rasa kopi yang kuat namun creamy ini, Anda cukup membayar Rp18000 saja.

2. Sagaleh
Sesuai dengan slogan-nya, “Sagaleh, es kopi susu lokal yang merakyat dan membumi,” segelas es kopi susu ini terbilang murah yakni Rp15000 dengan perpaduan rasa kopi yang nikmat dan susu yang seimbang.

Hanya melayani take-away dan hanya bisa dipesan melalui Whatsapp atau Go-jek, Sagaleh tengah ramai di media sosial dan membuatnya diberi predikat sebagai pesaing berat Toko Kopi Tuku. Bazaar menyarankan untuk memesan es batu secara terpisah, sehingga rasa kopi yang didapat masih terjaga dengan baik.

3. SANA House
Kopi Susu Sana buatan Sana House di Panglima Polim bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 20.000 per gelas. Warnanya sedikit lebih gelap dibanding es kopi susu lain, namun tidak segelap Sagaleh.

Rasa manis susu dan gulanya juga ringan dan menyegarkan, dengan aroma kopi bold yang tercium harum. Yang membuat SANA House unik adalah berbagai pilihan susu yang ditawarkan, mulai dari low-fat, almond milk, soy milk atau reguler.

kopi susu 💦 /

A post shared by Fashion | Food | Lifestyle (@erick.tan) on

4. ANIMO Bread Culture
Dari namanya, Anda mungkin dapat langsung menerka – tempat ini adalah surga bagi para pecinta roti. Namun selain baked goods, Animo Bread Culture juga dikenal dari kopi susunya yang dibandrol dengan harga Rp.18000.

Yang membedakan kopi susu Animo dengan kedai kopi lainnya adalah penggunaan biji kopi lokal sebagai bahan baku, menghasilkan secangkir kopi yang bertekstur lebih kental serta creamy dengan aftertaste yang manis, seperti mengecap karamel.

Anda juga dapat menyesuaikan kopi susu Anda sesuai selera dengan cara menambah satu ekstra shot espresso atau mengurangi gula serta es batu.

5. Di Bawah Tangga
Kedai ini diberi nama Di Bawah Tangga karena letaknya yang persis di bawah eskalator di pojokan Gandaria City Mall. Karena posisinya di tempat terbuka, seluruh tempat bisa dijadikan area pangkalan untuk para perokok.

Salah satu menu andalan kedai kopi milik Nino Fernandez ini adalah Es Kopi Susu Kampung. Minuman tersebut tergolong cukup pekat dan manis, jadi cocok untuk Anda yang tidak menggemari pahitnya rasa kopi.

Kopi susu Di Bawah Tangga dengan cepat menjadi favorit tim Bazaar dikarenakan racikan kopi, susu, dan gulanya yang seimbang nan lembut di lidah. Anda bisa menikmati minuman ini hanya dengan harga Rp.19000 saja.

Sebentar lagi buka puasa. Selamat hari minggu 🙂 #eskopisusukampung

A post shared by dibawahtangga (@di.bawahtangga) on

(Foto: Instagram, Dok. Bazaar)

Source: Harpers Bazaar Indonesia

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

Baca juga:
Chelsea Islan mengajak masyarakat Indonesia olahraga bersama
Kolaborasi para musisi dalam Soundrenaline 2017
Andien siap curhat di album terbaru!