Ada banyak cara untuk meningkatkan karier. Selain rajin dan produktif, Anda perlu juga memiliki bahasa tubuh yang tepat. Percaya atau tidak, postur tubuh, ekspresi wajah, dan gerakan fisik lainnya memainkan peran penting dalam keberhasilan individu.

Coba beberapa bahasa tubuh di bawah ini untuk membantu Anda mendapatkan promosi!

Sadar Ekspresi

Kadang, raut wajah Anda berbicara lebih banyak dibandingkan kata-kata. Saat sedang berkomunikasi dengan seseorang, jangan sampai Anda terlihat bosan atau bingung. They will notice it! Jaga wajah Anda agar bisa menyampaikan emosi yang tepat.

Jalan Dengan Percaya Diri

Bila Anda menyeret kaki ketika berjalan, Anda akan terlihat malas dan tidak bersemangat. Jadi, jalan dengan kepercayaan diri yang tinggi. Angkat kaki Anda dan jangan menghentakkannya dengan kasar. Pastikan juga sepatu Anda nyaman digunakan.

Jaga Kontak Mata

Menjaga kontak mata dengan lawan bicara adalah tanda Anda memperhatikan dan menghargai lawan bicara. Kontak mata juga membuat Anda lebih mudah dipercaya dan disukai.

Jadi, mulai sekarang coba jaga kontak mata yang konsisten dengan atasan dan rekan kerja Anda ketika mereka berbicara, agar mereka merasa menarik dan penting.

Umm, tapi jangan melotot ya! Ada bedanya antara menjaga kontak mata dan menatap orang dengan awkward.

Bicara Dengan Tangan

Menurut sebuah penelitian, berbicara dengan gestur tangan dapat meningkatkan kelancaran dan produktivitas bahasa. Anda pun akan lebih percaya diri dan yakin dengan pesan yang ingin disampaikan. Cobalah bereksperimen dengan ini dan Anda bisa mengurangi frekuensi “umm” dan “eh” ketika berbicara.

Senyuman Tulus

Tersenyum memang bahasa tubuh yang ampuh untuk membuat orang lain merasa diterima. Tapi tunggu dulu, ladies. Jangan asal memberikan senyuman, ya. Ini karena senyuman yang terlihat dipaksakan justru akan membuat orang lain merasa tersinggung.

Cobalah tersenyum dengan tulus karena itu adalah cara berkomunikasi hangat yang dapat membuat orang lain menjadi lebih terbuka.

Jabatan Tangan Kuat

Jabatan tangan ternyata dapat mencerminkan kepribadian Anda. Terlebih karena jabatan tangan adalah salah satu kesan pertama ketika bertemu dengan seseorang.

Journal of Personality and Social Psychology mengatakan bahwa wanita yang memiliki jabatan tangan yang kuat dianggap sebagai seseorang yang terbuka dan menyenangkan. Tenang saja, jabatan tangan bisa dilatih, kok. 

Tetap “Terbuka”

Jangan menutup diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Ketika Anda melipat kaki, melipat tangan, atau membungkuk, Anda tidak membiarkan orang lain untuk masuk. Anda juga dianggap lemah dan gelisah.

Bahasa tubuh tertutup menjadi indikator permusuhan karena menggambarkan seseorang yang tidak bersahabat dan penuh rasa cemas.

Lebih baik gunakan bahasa tubuh seperti duduk tegap dan tangan yang terbuka agar Anda terlihat percaya diri dan ramah. 

[Editor Gabriella Sakareza / sumber Cosmopolitan Indonesia | foto tribunnews.com]

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
5 lagu terbaru dari Maliq & d’Essentials!
Kebiasaan finansial yang harus Anda lakukan di usia 30
Yura Yunita “Buktikan” popularitasnya di Indonesia 40

SHARE