17 Momen Menarik di Pembukaan Asian Para Games 2018

12

Sejumlah momen berkesan menghiasi pembukaan Asian Para Games 2018 yang berlangsung Sabtu (6/10), di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

Dari mulai aksi memanah Presiden Jokowi yang dibarengi dengan video menyentuh hati dari Bulan Karunia (11). Duet Reza Rahadian dan Surya Sahetapy yang mengesankan, hingga tarian kolosal ‘We Are One’ yang menampilkan keberagaman agama, dan suku bangsa yang jadi satu di atas panggung.

Jika melewatkan opening ceremony Asian Para Games 2018, berikut beberapa momen berkesan sepanjang acara:

1. Opening Act

Penari dengan kostum warrior dan bertelanjang dada menabuh gendang tanda akan dibukanya perhelatan akbar pesta olahraga atlet disabilitas Asian Para Games. Tak lama di bagian tengah panggung muncul angka hitung mundur bahwa akan berlangsungnya upacara pembukaan. Gemuruh musik, tari, dan layar yang bercahaya menimbulkan kesan tersendiri.

2. Tarian kolosal ‘We Are One’

Mengusung tema We Are One atau kita semua adalah satu diwujudkan dalam bentuk tarian kolosal yang dibagi atas 10 simbol, dari mulai masjid, pura, gereja, suku minang, bali, hingga betawi. Keberagaman ini menjadi satu di atas panggung. Kostum, properti dan layar yang berganti-ganti serta iringan musik menjadikan tontonan yang asik.

3. Lagu Indonesia Raya

Dibawakan dengan iringan suara Shanna Shannon yang berbalut busana putih, lagu kebangsaan Indonesia ini berjalan khidmat dan menenangkan. Diikuti dengan bendera merah putih yang terkembang besar di layar.

4. Duet Surya Sahetapy-Reza Rahadian

Ketika Reza membacakan pidato singkat akan Pancasila, dan ketidaksempurnaan yang saling melengkapi, Surya membawakannya dalam bahasa isyarat. Keduanya tampil ekspresif dalam balutan busana berciri kain tradisional.

5. Tari di atas kursi roda

Duet tari romantis atlet dengan kursi roda Julius dan Rhea, menjadi pertunjukan yang menghangatkan hati.

6. Parade atlet

Seperti biasa, pembukaan menghadirkan parade atlet yang ikut bertanding, yang kali ini disebutkan ada 42 negara, dari mulai Afghanistan, Bahrain, Brunei Darussalam, China, hingga ditutup kontingen Indonesia sebagai tuan rumah. Masing-masing kontingen membawa bendera negara masing-masing, bahkan ada yang menempatkannya sebagai hiasan di kursi roda dengan warna senada.

7. Bahasa isyarat Jokowi

Membuka perhelatan ini dengan resmi Presiden Jokowi turut mengangkat tangan sebagai terjemahan dalam bahasa isyarat.

8. Koreografi logo

Para penari tampil membawa logo Asian Para Games dengan koreografi yang apik memanjakan mata. Diikuti dengan tarian Papua lalu Kecak Bali yang menghipnotis. Tak lama kemudian boneka Komodo raksasa tampil melengkapi kemeriahan penampilan secara keseluruhan.

9. Kapal penuh pesan

Layar kapal dengan muatan pesan kuat hadir di tengah panggung, dari mulai Dis-appear, Dis-qualified-, dan Dis-order. Ini semua nanti akan berujung pada konsep hilangnya Dis- pada kata Dis-ability yang ditampilkan berikutnya.

10. Aksi Sabar Gorky

Dengan satu kaki, atlet Sabar Gorky menunjukkan kebolehannya memanjat tingga tiang kapal untuk mengibarkan bendera Asian Paralympic Comittee.

11. Pertemuan Jokowi dan Bulan Karunia

Usai video pendeknya yang menginspirasi diputar, Bulan Karunia (11) menjumpai Presiden Jokowi di GBK. Siswi yang pernah menulis surat kepada Presiden untuk meminta kursi roda ini menyampaikan pesan yang kemudian diterima Jokowi. Sembari menggulung lengan kemeja putih, Jokowi lalu bersiap memanah.

Kata Dis-lenyap, dan menyisakan ‘Ability’. Pesan kuat untuk para atlet difabel yang akan bertanding di Asian Para Games 2018.

12. Lil Abilities

Lima atlet pria dengan keterbatasan, seperti tanpa kaki, satu kaki, atau alat bantu menunjukkan kemampuan menari hip hop dan breakdance yang memukau.

13. Barisan atlet para berprestasi

Tarsilem, Setyo Budi Hartanto, Anto Boi, Rizal Bagus, Laura Aurelia Dinda, dan Priyano, atlet paralimpik berpretasi mengusung bendera yang dikibarkan di panggung pembuka.

14. Musik

Allafta Hirzi Sodiq memainkan piano sembari menyanyikan lagu Heal the World, milik Michael Jackson yang membuat takjub.

15. Api Obor

Prosesi penyalaan api obor Asian Para Games yang dibawa secara bersambung oleh Senny Marbun, presiden komite paralimpik Indonesia, Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga, Pribadi sekjen komite paralimpik Indonesia, Soeharto peraih medali emas festic 1977, dan Jendy Panggabean peraih emas renang. Nyala api obor yang kemudian menyatu dengan lengkung panggung memberi pemandangan tersendiri.

16. Kembang api masif!

Usai nyala obor, kembang api masif menghiasi langit-langit stadion utama Gelora Bung Karno. Bunyi dentuman, dan letusan serta riuh suasana membuat meriah upacara pembukaan Asian Para Games 2018.

17. Tari kolosal penutup

Sebagai penutup, para penari dan penampil hadir kembali di atas panggung. Diikuti dengan nyanyian oleh sejumlah artis seperti Armand Maulana, Maudy Ayunda, Once, Vidy Aldiano, dan Lesty Kejora.

Bonus?

Ada aksi menggemaskan dari cucu presiden Jokowi, Jan Ethes yang turut berdiri di stadium bersama presiden Jokowi dan Iriana Jokowi.

Sumber Her World Indonesia