Mendekati akhir tahun, banyak orang penasaran tentang kilas balik segala peristiwa yang terjadi setahun terakhir, termasuk di dalamnya mengenai nama-nama tokoh yang paling banyak dicari.

Mengutip dari laporan tahunan Google, tokoh Indonesia yang paling  banyak dicari di internet adalah Ahok, disusul secara berurut oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dan Buni Yani.

Nama Ahok mencuat paling atas, tidak lain dan tidak bukan, karena kasus tuduhan penistaan agama yang menimpa dirinya.

Penyinggungan mengenai kaidah kepemimpinan menurut ajaran Islam yang tertuang di Surat Al-Maidah ayat 51 dalam pidatonya di hadapan warga Kepulauan Seribu pada akhir September lalu menjadi alasan utama banyak orang mengetikkan namanya di kotak pencarian.

Sementara Menkeu Sri Mulyani banyak dicari oleh para pengguna internet karena sikap tegasnya menanggapi isu rush money yang muncul pasca demo besar 14-11 yang berlangsung pada pertengahan November lalu.

Kala itu, publik begitu penasaran dengan apa sebenarnya tujuan rush money serta dampaknya bagi perekonomian tanah air.

Adapun nama Buni Yani banyak dicari karena keterkaitannya dengan kasus tuduhan penistaan agama yang menimpa Gubernur Non-Aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Buni Yani disebut sebagai tokoh dibalik viralnya video terkait serta disebut juga sebagai oknum yang memelintir pidato Ahok hingga menimbulkan kontroversi di tingkat nasional.

Berikut adalah daftar 10 tokoh Indonesia yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet tanah air di sepanjang 2016:
1. Ahok
2. Sri Mulyani
3. Buni Yani
4. Wayan Mirna Salihin
5. Nusron Wahid
6. Agus Yudhoyono
7. Tito Karnavian
8. Fahri Hamzah
9. Irman Gusman
10. Arcandra Tahar

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

SHARE