IrFM-S2-Milk

Tulang merupakan bagian dalam tubuh yang sangat penting. Selain berfungsi sebagai alat gerak pasif, tulang merupakan pemberi bentuk dan lekuk pada tubuh serta melindungi organ-organ tubuh yang vital. Untuk menjaga kesehatan tulang, kita dituntut untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D.

Kalsium merupakan bagian utama dari struktur tulang dan gigi. Sedangkan vitamin D berfungsi membantu penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Dilansir dari situs health.com, setidaknya terdapat 10 makanan yang dapat mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D yang baik untuk tulang.

1. Yogurt

Terdapat 30 persen kebutuhan kalsium harian dan 20 persen vitamin D harian yang ada di dalam secangkir yogurt bebas lemak. Konsumsi yogurt setiap hari cukup untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tulang.

2. Sarden

Ikan yang biasa ditemukan dalam kaleng ini mengandung kalsium dan vitamin D yang melimpah. Ikan sarden yang dimakan beserta tulangnya sangat baik dijadikan sumber kalsium dan vitamin D.

3. Susu

Sumber kalsium sudah pasti terdapat dalam susu. Meskipun dalam 237 ml susu terdapat 90 kalori, namun 30 persen kebutuhan kalsium harian bisa didapat dari minuman kaya manfaat ini. Konsumsi susu yang mengandung vitamin D membuat Anda memperoleh manfaat ganda.

4. Bayam

Jika Anda tidak suka susu, maka pilihlah bayam sebagai sumber kalsium. Terdapat 25 persen kebutuhan kalsium harian yang terdapat dalam semangkuk bayam. Selain kalsium, bayam juga mengandung serat, zat besi, dan vitamin A.

5. Telur

Makanan yang sangat mudah ditemui ini ternyata mengandung 6 persen dari kebutuhan vitamin D harian.

6. Salmon

Selain dapat menutrisi tulang, salmon sekaligus dapat menyehatkan jantung. Ikan yang terkenal dengan kandungan omega 3-nya yang sehat, ternyata mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin D harian yang terdapat dalam 227 gram salmon.

7. Sereal

Sereal yang dilengkapi dengan biji-bijian utuh, buah, dan kacang mengandung hampir 25 persen kebutuhan vitamin D harian.

8. Tuna

Ikan lemak yang kaya akan vitamin D ini mengandung 154 IU atau 39 persen kebutuhan vitamin D harian yang terkandung dalam 85 gram tuna.

9. Kol hijau

Selain bayam, cobalah mengonsumsi kol hijau. Satu mangkuk kol hijau mengandung lebih dari 25 persen kebutuhan kalsium harian.

10. Jus jeruk

Jeruk tidak hanya mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Dalam satu buah jeruk, terdapat 50 mg kalsium yang dapat mencegah Anda terkena rematik tulang.

IListeners mau ikutan kuis TTS berhadiah mobil? Buruan daftar dan download formulirnya DI SINI!

[teks @nandazahra | foto sxc.hu]

Baca juga:
Diet efektif menurunkan berat badan selama seminggu
Nikmat Bersantap di SUASANA INDONESIAN CUISINE
Kisah klasik Disney, Beauty and the Beast

SHARE